Dispora Tanjungpinang Usulkan Anggaran Untuk Pembenahan Sarana Pendukung di Dispora Centre

by -41 views
Kadispora Kota Tanjungpinang, Agustiawarman Saat Diwawancara MetroKepri
Kadispora Kota Tanjungpinang, Agustiawarman Saat Diwawancara MetroKepri
Iklan Banner

Advetorial, (MetroKepri) – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang menginginkan Dispora Centre (DC) dapat dibenahi kembali. Sehingga punya daya tarik bagi kalangan muda untuk melalukan aktifitasnya di DC.

“Kami juga sudah mengusulkan, mudah mudahan dapat diakomodir melalui di APBD Perubahan 2020 ini untuk pembenahan beberapa sarana pra sarana pendukung di DC,” harap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Agustiawarman, kepada MetroKepri, kemarin.

Agustiawarman juga mengutarakan, selama pandemi Covid-19 ini, pemanfaatan Dispora Center dilakukan pembatasan.

“Sselama pandemi Covid 19, sesuai dengan mengikuti perkembangannya. Kita ini terdampak dengan Covid 19 sejak dari bulan April lalu dan sesuai dengan imbauan dan arahan pimpinan termasuk kepala daerah, kita sudah memberlakukan pembatasan pembatasan termasuk di Dispora Center ini,” paparnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Saat Foto Bersama Stafnya. Foto Alpian Tanjung
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Saat Foto Bersama Stafnya. Foto Alpian Tanjung

Karena, kata dia, mengingat wabah ini di Kota Tanjungpinang tidak juga menunjukkan penurunan, jadi kegiatan di Disporta Center ini vakum dan masih dihentikan untuk masyarakat luas.

“Disamping itu, kita juga secara berkala melakukan penyemprotan disinvektan. Kalau pun itu digunakan, masih dalam kalangan terbatas oleh insan insan olahraga di Dispora ini saja termasuk pemanfaatan sepeda dan lain sebagainya,” ujar Agustiawarman.

Masih kata dia, untuk masyarakat awam, memang di DC ini masih belum dimanfaatkan secara optimal. Kemudian, pihaknya mempunyai rencana, DC ini nanti mudah mudahan di APBD Perubahan ini, sesuai arahan Wali Kota dan Wali Kota mengintruksikan agar DC ini dapat dibenahi kembali.

“Wali Kota mengintruksikan kepada kami, supaya DC ini dapat dibenahi kembali. Sehingga punya daya tarik bagi kalangan muda untuk melalukan aktifitasnya disini. Kami sudah mengusulkan, mudah mudahan dapat diakomodir melalui di APBD P ini untuk pembenahan beberapa sarana pra sarana pendukung di DC ini, sehingga nanti dapat dijadikan juga salah satu tempat aktifitas pusat kebugaran bagi khususnya kalangan muda maupun pecinta olahraga,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Bersama Stafnya Saat Meninjau Peralatan di DC. Foto Alpian Tanjung
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Bersama Stafnya Saat Meninjau Peralatan di DC. Foto Alpian Tanjung

Pembugaran yang dimaksudnya, yakni seperti tempat layaknya sebuah tempat olahraga ngejim.

“Kita ingin buat seperti itu, walaupun tidak kelasnya pro, paling tidak dapat menyajikan yang terbaik. Kalau alat alatnya masih oke, tapi tempatnya kami karena terbatas ruangan, sehingga dibawah itu masih terganggu aktifitas perkantoran. Saya ingin nanti, ruangan itu benar benar dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk aktifitas olahraga. Mudah mudahan dapat terealisasi,” katanya.

Agustiawarman juga menginformasikan, bahwa disaat pandemi ini, hampir seluruh program kegiatan di Dispora Tanjungpinang ini yang biasanya rutin tahunan itu dilakukan, sekarang tertunda bahkan ada yang diputuskan dihentikan.

“Misalnya, Popda yang rencana pelaksanaannya tingkat provinsi itu di Natuna, itu kan sebenarnya di bulan Oktober nanti, tapi Pemerintah Provinsi sudah memutuskan untuk menunda pelaksanaan itu. Yang jelas, tahun ini tidak dilaksanakan, kemungkinan tahun depan juga tidak karena kegiatan ini dilaksanakan dua tahun sekali,” ucapnya.

Kemudian, kata Agustiawarman, kegiatan rutin tahunan yang sudah diekspos oleh Wali Kota misalnya kegiatan yang telah menjadi icon Kota Tanjungpinang yakni Gerak Jalan Proklamasi.

“Ini sudah dibatalkan atau tidak dilaksanakan, termasuk kegiatan Diklat Paskibraka juga tidak sepenuhnya dilaksanakan karena memang mengikuti arahan dari Sekneg, maupun dari Kemenpora terkait protokol kesehatan dan lain sebagainya. Jadi tidak sepenuhnya dilaksanakan walaupun kemarin itu hanya menggunakan Paskibraka 2019,” ujatnya.

Kemudian, lanjutnya, kegiatan O2SN yang rutin tahunan. Tahun ini juga tidak dapat dilaksanakan, karena seluruh kegiatan aktifitas sekolah sampai dengan hari ini, kegiatan belajar tatap muka itu belum aktif, karena masih jarak jauh.

“Jadi beberapa kegiatan rutin yang ada Dispora Tanjungpinang selama ini dilakukan, tahun ini tidak dapat dilaksanakan. Mudah mudahan, kita masih menyisakan beberapa kegiatan kompetisi cabang olahraga, misalnya sepak bola, masih kita sisihkan,” katanya.

Dalam pembahasan APBD P, Dispora Tanjungpinang mencoba mempersiapkannya. Kalau keadaan memungkinkan, misalnya kondisi Covid semakin membaik di Tanjungpinang sudah menurun kasusnya dan menurut gugus tugas nantinya dibolehkan pelaksanaannya, maka bisa menyisihkan walaupun diakhir akhir tahun nanti.

“Selama Covid ini, selain kegiatan rutin dan pemeliharaan rutin misalnya dibidang Sarpras, pemeliharan rutin seperti pemotongan rumput di Stadion Sulaiman Abdullah tetap dilakukan, pemeliharaan di DC, kemudian kegiatan Paskibraka ada sedikit yang kita lakukan, walaupun tidak secara penuh. Untuk yang lain memang tertunda,” ucapnya.

Kemudian, lanjut Agustiawarman, kegiatan lain peningkatan sarana yang telah dilaksanakan yakni pembangunan lapangan badminton di Bukit Raya, lapangan volly di Kijang Kencana 3.

“Itulah yang bisa dilaksanakan yang tentu tidak berdampak dengan keadaan covid ini. Diluar itu, yang sifatnya mengumpulkan masa dan lain sebagainya, semua kita tangguhkan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Foto Bersama Stafnya Usai Meninjau Peralatan di DC. Foto Alpian Tanjung
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanjungpinang, Agustiawarman Foto Bersama Stafnya Usai Meninjau Peralatan di DC. Foto Alpian Tanjung

Kemudian, pihaknya juga sekarang ini mencoba mengusulkan. Karena sekarang ini dalam tahapan pembahasan APBD Perubahan, sekali lagi tentunya menyesuaikan dengan kondisi Tanjungpinang.

“Olahraga yang lagi trend dan digemari masyarakat yang sifatnya massal tetapi mudah mudahan tidak berpengaruh besar terhadap penularan covid, kita mengusulkan satu untuk sepeda santai. Goes ini kan sekarang lagi trend di masyarakat. Kita coba mengajukan itu, mudah mudahan dapat terealisasi,” katanya.

Kalau terealisasi, pihaknya akan mecingkan dengan peringatan hari Kota Otonom Tanjungpinang di bulan Oktober nanti. Tapi, itu sekali lagi, waktunya memang sangat ditentukan dengan kondisi Tanjungpinang akibat dampak covid ini.

“Kalau memang keadaannya tidak lebih baik dari sekarang, tentu tidak akan dilaksanakan,” ucapnya.

Kemudian ada lari Run secara virtual, Dispora Tanjungpinang juga mengusulkan. Seperti yang sudah dilaksanakan beberapa penyelenggara.

“Kita juga coba usulkan itu. Kalau misal ini nanti diakomodir dalam masa pandemi covid ini, itu tidak masalah karena dilaksanakan secara mandiri juga boleh karena secara virtual. Itulah saya kira yang bisa untuk menangkap kondisi sekarang ini dan yang masih dimungkinkan untuk dilaksanakan. Mudah mudahan, Covid ini segera bisa hengkang dari Kota Tanjungpinang atau setidak tidaknya dapat segera dikendalikan. Sehingga penambahan angka Covid ini tidak selalu meningkat dan dapat dikendalikan,” pungkasnya. (*)

Penulis : ALPIAN TANJUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.