Mantan Kasal Beri Kuliah Umum di Umrah

by -387 views
Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio
Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio

Tanjungpinang, (MK) – Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio memberikan kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa baru Civitas Akademika Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) di Auditorium Kampus Umrah Dompak, Tanjungpinang, Kamis (3/9).

Kuliah umum itu juga mengambil tema “Mengembalikan Kejayaan Maritim Indonesia melalui Poros Maritim Dunia” materi kuliah ini sangat dinanti – nantikan oleh segenap mahasiswa Umrah Tanjungpinang, mengingat arah kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini berorientasi pada pembangunan Poros Maritim Dunia.

Dalam Kuliah umumnya, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio mengupas tentang arti penting Indonesia sebagai archipelagic dunia, pengakuan dunia sebagai Negara maritime.

“Sea power tidak hanya armada kapal perang saja, tetapi mencakup segala potensi kekuatan nasional yang menggunakan laut sebagai wahananya, pemahaman sea power atau kekuatan laut, pada dasarnya identik dengan Kekuatan Maritim atau Maritime Power apabila kekuatan – kekuatan itu diberdayakan, maka akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan Negara,” ucap Laksamana TNI (Purn) Dr Marsetio.

Dr Marsetio juga menguraikan tentang pembangunan konektivitas laut, perbatasan laut, perbatasan darat, sejarah kekuasaan Sriwijaya, Rekonstruksi jiwa bahari Bangsa Indonesia, Negara bervisi Maritim, Zonasi pengaturan (Regime) hukum laut tentang konvesi PBB tentang hukum laut/ Unclos 1982, serta arti penting laut bagi bangsa Indonesia, Harbours Development dan mengulas tentang 5 pilar kebijakan maritim.

Pada pemaparan itu juga, tampak seluruh mahasiswa sangat antusias dan serius mendengarkan kuliah umum tersebut, terbukti banyaknya pertanyaan yang muncul pada saat sesi tanya jawab.

Sementara, usai memberikan kuliah umum, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio dan rombongan melakukan kunjungan kepada Penjabat Gubernur Kepri. Ir. Agung Mulyana S,M.Sc.

Saat ini, Marsetio walaupun sudah pensiun dari militer masih dipercaya dibeberapa kementerian diantaranya Ketua Komite Kebijakan Publik Kementerian Perhubungan, Penasihat senior Menko Kemaritiman, Penasihat Senior Menteri Pariwisata, Utusan Khusus RI pada International Maritime Organization (IMO) di London.

Selain itu, Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) merupakan satu – satunya universitas negeri yang ada di Indonesia dengan basis maritim harus menjadi pelopor dan terdepan dalam pembangunan kemaritiman Indonesia sebagai wadah untuk mencetak Sumber Daya Manusia yang andal dibidang kemaritiman khususnya yang ada di Kepulauan Riau.

Saat ini Umrah telah merintis kerjasama dengan TNI AL khususnya tenaga – tenaga edukatif dosen dibidang oceanografi. Selain itu, Lantamal IV Tanjungpinang juga akan menjalin kerjasama untuk peningkatan SDM dan direncanakan akan membuka perkuliahan di Mako Lantamal IV khususnya bagi prajurit dan PNS Lantamal IV yang lulus seleksi.

Hal ini telah dibicarakan oleh Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, S.E.,M.Sc dan Rektor Umrah Prof Dr. Syafsir Akhlus, M.S saat berkunjung ke Umrah beberapa waktu lalu.

Pada Kuliah umum Dr Marsetio di Umrah tersebut, turut dihadiri oleh Rektor Umrah yang diwakili Prof. Dr. Firdaus. L.N M.Si, Danlantamal IV, Laksamana Pertama Sulistiyanto,S.E.,MSc, para Dosen Umrah, Asops Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) Alex Syahril,S.E, Asintel Danlantamal IV, Kolonel Laut (P) M. Hamzah S.W, Aslog Danlantamal IV Kolonel Laut (T) Yuli Satriawan,S.E, Asrena Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Ferry,ST.,M.M, Karumkit Dr. Midiyato Suratani Kolonel Laut (K) dr. Achmad Samsul Hadi. (ALPIAN TANJUNG)

One thought on “Mantan Kasal Beri Kuliah Umum di Umrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.