Orang Tua Protes Anaknya Tak Diterima di SMPN 5

by -483 views

Tanjungpinang, (MK) – Salah seorang orang tua calon siswa yang mendaftar melalui sistem online di SMPN 5 Tanjungpinang, Vella memprotes pihak sekolah lantaran anaknya diterima di sekolah tersebut.

“Nilai anak saya memang kurang cukup, tapi kami kan tinggal di Pompa Air dekat dengan sekolah, mestinya ada kebijakan sekolah tampa harus melalui jalur bina lingkungan,” ujar Vella, Selasa (23/5).

Hal itu membuat Vella kecewa dengan pendaftaran sistem online tersebut. Karena, menurut dia, anaknya pintar namun malah diarahkan mendaftar di SMPN 10 Tanjungunggat.

Selain itu, Vella juga kecewa dengan pelayanan pihak panitia penerimaan siswa baru di SMPN 5 tersebut.

“Masa saya tanya nomor pendaftarannya malah dibilang panitia tidak ada. Itu yang membuat saya kecewa sekali, sementara saat dicari sendiri nomornya ada,” ungkapnya.

Ironisnya lagi, adeknya yang mendaftarkan anaknya di SMPN 5 juga bernasib sama, diarahkan ke SMPN 10. Selain itu ada nilai yang terbalik – balik dan nama orang tua yang salah.

“Kami menduga ada kesengajaan,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMPN 5 Tanjungpinang, Ismalinda saat ditemui media ini membantah jika nilai yang terbalik – balik dan nama orang tua yang salah itu panitia yang merubahnya.

“Kita tidak menginput data pendaftar, karena itu sudah ada disistem. Apalagi kita merubahnya, mana bisa. Yang kita berikan hanya nomor urut pendaftar,” ujarnya.

Ismalinda mengimbau bagi anak yang tidak diterima di SMPN 5 ini dan tinggalnya dekat dengan sekolah bisa mendaftar dengan jalur bina lingkungan di kantor Dinas Pendidikan.

“Dengan membawa surat keterangan domisili, silahkan mendaftar jalur bina lingkungan, nanti dinas yang akan menentukan penerimaannya berdasarkan 30 persen dari jumlah siswa yang diterima,” paparnya.

Menurutnya, Dinas Pendidikan juga kurang sosialisasi sehingga membuat sebagian orang tua kurang memahami cara jalur bina lingkungan itu.

Dari pantauan dilapangan hari kedua penerimaan secara online di SMPN 5, nilai minimum sementara yang ada diserver 77,5. (RAMDAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.