Weni : Jadilah Jiwa Kartini Untuk Berjiwa Besar

by -235 views
Weni
Weni
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MK) – Hidup Kartini yang singkat, tidak lantas membuat perjuangan Kartini berhenti begitu saja. Selamat Hari Kartini untuk para wanita yang semangat berjuang. “Selamat Hari Kartini. Apa yang harus kita perbuat,” Itu yang diucap Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Yuniarni Pustoko Weni SH saat ditemui media diruang kerjanya, Selasa (21/4).

Jika dilihat disekitar, kata Weni, banyak sekali cara untuk merayakan Hari Kartini, baik dari menggunakan kebaya dan dengan berbagai bentuk pertandingan.

“Serta hampir semua perusahaan, kantor – kantor dan lainnya merayakan hari Kartini dengan berbagai bentuk pada hari ini (Selasa),” ucap Weni.

Bahkan, tambahnya, banyak sekali cara yang digunakan untuk memperingati dan merayakan hari Kartini ini.

“Tapi, benarkah ini yang diharapkan oleh seorang tokoh pejuang seperti RA. Kartini?,” tanya ibu dari 3 putri 1 putra ini kepada media seketika.

Mungkin, kata dia, bukan itu yang diharapkan. Tapi jiwa yang berani untuk berjuang khususnya dalam hal belajar dan meneruskan perjuangan untuk terus mendapatkan pendidikan yang layak dan setara dengan kaum pria.

“Itulah yang diharapkan. Bukan berbondong – bondong bikin kebaya, bukan berlomba – lomba memperingatinya tanpa memperhatikan apa yang seharusnya kita laksanakan untuk meneruskan perjuangan,” jawabnya tetap bersahaja dan penuh semangat.

Weni sapaan akrab wanita yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Wanita Perjuangan Partai PDIP di Provinsi Kepulauan Riau ini berharap, wanita Indonesia pada umumnya dan wanita Kepulauan Riau pada khususnya dapat berbuat banyak, baik dalam hal pendidikan dan pekerjaan. Karena wanita adalah tiang negara.

“Jika satu negara tidak memiliki tiang yang kuat, maka negara tersebut juga tidak akan menjadi negara yang kuat dan maju,” paparnya.

Ia menambahkan, apa jadinya anak – anak yang tumbuh bila anak – anak tersebut tidak memiliki didikan seorang ibu yang sangat luar biasa.

“Anak – anak yang hebat juga dikarenakan perjuangan seorang ibu yang hebat,” ujarnya.

Weni berharap, semoga tumbuh Kartini – Kartini baru di negeri ini yang peduli pendidikan, sekolah gratis, buku gratis, sehingga menjadikan anak – anak penerus bangsa ketagihan belajar dan belajar. Jiwa besar ditumbuhkan oleh rintangan dan kesulitan besar. Kalah dan terasing serta tersingkirkannya rintangan dan kesulitan itu tidak lain daripada bukti apa yang hidup di dalam jiwa besar itu.

“Bisa dikatakan bahwa kebesaran jiwa Kartini ditumbuhkan oleh kesulitan dan rintangan besar, hal itu yang membuat perjuangan dan semangat Kartini untuk pendidikan terus dikenang dan dijadikan sumber inspirasi wanita hingga saat ini,” tutup Weni bangga. (Cha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.