ASN Tak Netral di Lingga, Pengamat Politik: Bawaslu juga Harus Netral dan Non Diskriminatif

by -343 views
Pakar politik Kepri, Zamzami A Karim
Pakar politik Kepri, Zamzami A Karim
Iklan Banner

Tanjungpinang, (MetroKepri) – Terkait adanya pelanggaran dan ketidaknetralan ASN di Kabupaten Lingga yang saat ini diperiksa oleh Bawaslu Lingga berpotensi tidak netral terhadap kasus tersebut.

Pasalnya, menurut UU Pilkada Nomor 10 Tahun 2016 pada Pasal 71 ayat 5 mengatakan bahwa dalam hal gubernur atau wakil gubernur, bupati, wakil bupati dan walikota atau wakil walikota selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud, pada ayat (2) dan (3), petahana tersebut dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh kpu provinsi atau kpu kabupaten/kota.

Salah satu Pengamat Politik di Kota Tanjungpinang Zamzami A Karim saat dimintai pendapatnya oleh awak media ini menyebutkan Bawaslu Kabupaten Lingga harus netral.

“Kalau melihat seperti itu, memang semestinya Bawaslu mesti memeriksa atau paling tidak juga menegur Paslon yang memanfaatkan proyek pemerintah untuk pencitraan atau kampanye,” tulisnya lewat WhatsApp ke media ini, Kamis (01/10/2020).

“Hal ini sudah dilakukan oleh Bawaslu di Medan dengan memberi teguran kepada Paslon di Kota Medan,” tambah Zamzami.

Menurut Zamzami, Bawaslu mempunyai wewenang untuk memeriksa ke dua belah pihak (ASN dan Paslon Petahana) sebagai mana yang tercantum dalam UU Pilkada tersebut.

“Iya yang punya kewenangan memeriksa ya Bawaslu, nanti dari hasil pemeriksaan baru mereka putuskan apakah melanggar pasal 71 ayat 2,3 dan 5? Baru mereka bisa membuat keputusan,” tulisnya lagi.

“Bawaslu harus memeriksa kasus itu dulu, baru memutuskan untuk melakukan tindakan,” sambung Zamzami.

Apabila tidak dilakukan, lanjut Zamzami, maka bisa dianggap Bawaslu tidak melaksanakan tugasnya sesuai prinsip-prinsip netralitas dan non diskriminatif.

“Maksudnya ya yang diperiksa oleh Bawaslu itu si Paslon yang terlibat (dlm hal ini Petahan spt yg diatur pada ayat 5 ps 71 itu,” sebutnya dalam Chat WhatsApp.

Dugaan beberapa ASN Pemkab Lingga photo bersama salah satu Paslon Bupati Lingga, Photo: LK
Dugaan beberapa ASN Pemkab Lingga photo bersama salah satu Paslon Bupati Lingga, Photo: LK

Terhadap keluhan beberapa ASN yang saat ini diperiksa, Zamzami menjelaskan hal tersebut sudah menjadi konsekuensinya bagi mereka (Oknum ASN) yang tidak netral dan tertuang dalam Pasal 71 tersebut.

“Ini juga merupakan resiko sang ASN yang coba-coba bersikap tidak netral,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lingga Zamroni saat dikonfirmasi oleh awak media ini lewat ponselnya terkait pemeriksaan beberapa ASN Pemkab Lingga ia menjawab sedang dalama proses.

“ya Bang Kita Masih Dalam proses bang…pemeriksaan Dan klarifikasi,” tulisnya menjawab WhatsApp awak media ini.

Saat ditanya apakah Paslon Petahana yang ikut dalam poto bersama beberapa ASN yang menunjukkan jari angka 3 ikut diperiksa, Zamroni menjawabnya.

“Kita sekarang lagi melakukan penangan pelanggaran terkait netralitas ASN bang.
Kalau memang nantinya diperlukan, kita akan panggil semua yang terkait,” pungkasnya. (*)

Penulis: Novendra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.