Pemprov Kepri Akan Lakukan Pembinaan Terhadap Pelaku UKM

by -203 views
Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri Syamsul Bahrum
Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri Syamsul Bahrum

Batam, (MK) – Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau, Syamsul Bahrum berharap pertumbuhan ekonomi di Kepri agar bisa tumbuh secara mandiri dan berkualitas.

“Mewujudkan itu semua, Pemerintah Provinsi Kepri akan terus melakukan dukungan sekaligus pembinaan. Salah satunya terhadap 70 ribu lebih para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang tersebar di Kepri ini,” ucap Syamsul pada pertemuan tahunan pelaku industri jasa keuangan wilayah Provinsi Kepri di Swiss Bell Hotel, Batam, Selasa (16/2).

Menurut dia, melakukan pembinaan tersebut agar para pelaku UKM bisa tumbuh kembang, ditengah situasi ekonomi global yang kurang mendukung.

“Dukungan dan pembinaan juga terus kita lakukan melalui pemberian dana bergulir kepada para pelaku usaha. Termasuk pemberian pinjaman usaha kredit daerah yang memang telah disiapkan Pemerintah Provinsi Kepri,” paparnya.

Dia mengutarakan, dari dana yang diajukan senilai Rp100 miliar, kurang lebih Rp25 miliarnya telah disalurkan. Pemerintah juga memperkuat pelaku UKM yang tersebar di Kepri untuk terus eksis.

“Caranya, dengan terus membangun galeri – galeri UKM guna memperkenalkan dan menjual produk dari hasil UKM itu sendiri. Itu semua dilakukan guna mendukung eksistensi pelaku UKM,” ujarnya.

Tentunya, kata dia, dengan tetap terus memperhatikan sector usaha strategis lainnya yang banyak tersebar di Kepri. Pemerintah Provinsi Kepri juga meminta masukan para pelaku industry jasa keuangan agar upaya menjaga laju pertumbuhan ekonomi di Kepri ini bisa terus tumbuh kembang dengan baik.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Yusri menyebutkan, sepanjang tahun 2015 capaian pertumbuhan ekonomi tercatat masih mengalami pertumbuhan yang membaik, meski tidak terlalu signifikan.

“Termasuk pertumbuhan ekonomi di wilayah Provinsi Kepri, yang masih mengalami pertumbuhan diatas angka pertumbuhan nasional,” ucap Yusri.

Dia mengutarakan, pertumbuhan ekonomi nasional termasuk di Kepri akan bisa terus tumbuh secara baik, dengan dukungan industri jasa keuangan yang memadai. Terlebih pelaku industri keuangan terus membuat skala prioritas untuk bisa terus mendukung laju pertumbuhan ekonomi Kepri ini.

“Hanya saja, itu semua bisa terwujud dengan baik asalkan semua pemangku kepentingan duduk bersama, bagaimana menjaga agar perekonomian terus membaik,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.