Syahrul Lantik Mabi dan Pengurus Saka Wanabakti

by -283 views
Ilustrasi Upacara Parmuka
Ilustrasi Upacara Parmuka

Tanjungpinang, (MK) – Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H.Syahrul, S. Pd yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanjungpinang, melantik secara Ketua Majelis Pembimbing (Mabi), Pimpinan dan Pengurus Satuan Karya (Saka) Wanabakti Kota Tanjungpinang masa bakhti 2015 – 2020 di Pondok Rimbawan, Jalan Engku Putri Gang Traling, Tanjungpinang, Sabtu (10/10) petang kemarin.

Kak Syahrul, sapaan akrab di kepramukakan mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik.

”Mudah – mudahan dengan terbentuknya saka wanabakti ini, hutan – hutan di Kota Tanjungpinang bisa dilestarikan dengan melibatkan generasi muda agar mencintai alam dan lingkungan,“ ucap Syahrul.

Kegiatan pramuka ini, kata Syahrul, merupakan kegiatan positif bagi generasi muda, dimana kegiatan kepramukaan ini telah diatur didalam undang – undang.

“Visi misi dari kepramukaan itu merupakan karakter bangsa yang ada disepuluh isi dasa dharma itu merupakan wujud daripada harapan Kota Tanjungpinang maupun bangsa Indonesia,” ujarnya.

Oleh karena itu, Syahrul mengimbau orang tua dan pemuda – pemudi untuk dapat mengikutsertakan anak – anaknya agar bisa bergabung di saka yang mereka minati, seperti saka wanabakti di dinas KPPKE, saka yang berada di dinas pendidikan, dinas kesehatan, di Polri, di Angkatan Laut, di Dandim.

”Mudah – mudahan saka yang ada ini, bisa bersinergi untuk membuat suatu kegiatan yang bisa menjadi wadah pendidikan bagi generasi muda kita untuk menyalurkan minat dan mengembangkan bakat,“ kata Syahrul.

Sebelumnya, Ketua Mabi Saka Wanabakti, H. Adnan S.Sos yang juga Kepala Dinas Kelautan Perikanan Pertanian Kehutanan dan Energi (KPPKE) Kota Tanujungpinang ini menyampaikan, dengan terbentuknya saka wanabakti diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan bakti dalam memajukan gerakan kepramukaan di Kota Tanjungpinang.

“Sebagai mitra pemerintah, satuan karya wanabakti ini bisa menjadi wadah untuk mendidik dan membentuk karakter kaum muda yang siap bersinergi, bahu – membahu bersama masyarakat membangun kehutanan di Kota Tanjungpinang,” ucapnya.

Selain itu, Pimpinan Saka Wanabakti Kota Tanjungpinang, M. Sukri menjelaskan, dengan adanya saka wanabakti ini bisa menyatukan langkah untuk percepatan kemajuan dan perkembangan gerakan pramuka, sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam mendidik generasi muda yang berkarakter.

”Kita akan membentuk generasi muda yang mencintai hutan, cinta akan lingkungannya, sehingga mereka nantinya bisa mengajak masyarakat untuk bersama – sama melestarikan alam dan lingkungannya,“ katanya.

Selain pelatikan pengurus, sambung Kak Sukri, Pramuka juga mengadakan perkemahan dan gerakan menanam pohon. Perkemahan tersebut diikuti pelajar dari sekolah tingkat SMA/ SMK se – Kota Tanjungpinang,“ ucapnya.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan penampilan atraksi tarung derajat. Atraksi itu mendapat sambutan meriah dari Ka. Kwarcab H. Syahrul dan tamu undangan. Para pendekar pun menunjukkan kebolehan mereka, berbagai atraksi ekstrim yang mereka tunjukkan mendapat tepuk tangan meriah dari seluruh para undangan yang hadir. (ALPIAN TANJUNG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.