Mahasiswa UGM Kunjungi Mako Lantamal IV

by -325 views
Danlantamal IV, Laksamana Pertama, Sulistiyanto saat menyerahkan cinderamata kepada Ketua Prodi SPS UGM.
Danlantamal IV, Laksamana Pertama, Sulistiyanto saat menyerahkan cinderamata kepada Ketua Prodi SPS UGM.

Tanjungpinang, (MK) Sebanyak 46 mahasiswa dari Program Studi Ketahanan Nasional Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta mengunjungi Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Mako Lantamal) IV Tanjungpinang, Kamis (29/10).

Kunjungan mahasiswa SPS UGM ini juga diterima langsung oleh Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc di ruang rapat Mako Lantamal IV serta didampingi para Asisten Danlantamal IV.

Rombongan mahasiswa UGM tersebut diketuai oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Ketahanan Nasional SPS UGM, Prof. DR. Armaidi Armawi, M.Si yang didampingi oleh dua orang dosen pendamping serta staf administrasi.

Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB tersebut, diawali dengan sambutan Komandan Lantamal IV dan dilanjutkan dengan sambutan ketua rombongan mahasiswa SPS UGM dalam hal ini Kaprodi Prof. DR. Armaidi Armawi, M.Si.

Dalam sambutannya, Danlantamal IV mengucapkan selamat datang di Mako Lantamal IV Tanjungpinang dan terimakasih atas kedatangan Prof. DR. Armaidi Armawi, M.Si. beserta rombongan ke Mako Lantamal IV.

Pada kesempatan itu, Asrena Danlantamal IV Kolonel Laut (P) Ferry Supriady, S.T., M.M memberikan paparan dengan tema Peran Lantamal IV dalam mendukung kebijakan poros maritim dunia.

Dengan pemaparan ini, diharapkan dapat memberi masukan khususnya bagi para mahasiswa SPS UGM dalam rangka menghimpun informasi tentang pertahanan negara di daerah khususnya wilayah kerja Lantamal IV Tanjungpinang.

Menanggapi pertanyaan salah satu mahasiswa terkait faktor apa yang menyebabkan turunnya angka kejahatan di laut khususnya di wilayah kerja Lantamal IV. Orang nomor satu di jajaran Lantamal IV ini menjelaskan, turunnya tingkat kejahatan di laut tidak lepas dari kinerja Western Quick Fleet Response (WFQR) atau satuan tugas khusus yang bertugas melakukan pengamanan di perairan Selat Malaka hingga Laut Cina Selatan.

“Tim WFQR, dalam waktu 5 menit setelah menerima perintah mereka harus sudah siap untuk bergerak baik dari segi personil maupun perlengkapan materialnya. Upaya ini terbukti mampu menekan aksi perompakan di sekitar Selat Malaka,” ucap Danlantamal IV.

WFQR ini juga berada di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat atau Koarmabar.

Atas penjelasan Danlantamal IV, para mahasiwa SPS UGM tampak antusias dan merasa puas dengan sambutan dan paparan yang diberikan oleh Danlantamal IV dan pejabat yang menerima kunjungan mereka.

Hal ini dikarenakan mereka telah mendapatkan penjelasan dan pencerahan mengenai masalah kemaritiman.

Diakhir acaranya, Komandan Lantamal IV berkenan untuk melakukan penyerahan cinderamata kepada ketua rombongan Prof. DR. Armaidi Armawi, M.Si dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama yang dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna Yos Sudarso. (Dispen Lantamal IV/ RED)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

No More Posts Available.

No more pages to load.